banner Iklan

Aliansi Muda Berau (AMUBA) Tuntut Dinas ESDM Kaltim Untuk Audit AMDAL PT Berau Coal Site Sambarata

rin
Foto/yunus (AMUBA)

Samarinda, Gayamnews.com – Aliansi Muda Berau (AMUBA) menggelar aksi di depan kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kalimantan Timur Jl. MT. Haryono (25/6).

Andi Muhammad Yunus selaku Koordinator Lapangan mengatakan ada beberapa tuntutan yang dilayangkan kepada Dinas ESDM Kalimantan Timur diantaranya Audit AMDAL PT. Berau Coal Site Sambarata dan Site Binungan Blok Prapatan.

“Hari ini kita melaksanakan aksi di halaman Kantor Dinas ESDM Kalimantan Timur dengan tuntutan meminta untuk melakukan audit AMDAL PT. Berau Coal di site Sambarata dan Site Binungan blok Prapatan”, ujarnya

Aksi berlangsung pukul 10:00 WITA dengan membawa puluhan demonstran. Yunus sapaannya menambahkan bahwa ada banyak permasalahan yang terjadi dalam tubuh PT. Berau Coal yang kedepan jika terus di biarkan akan menjadi bencana bagi masyarakat Kabupaten Berau.

“Tentu kita melihat ada banyak kebobrokan yang dilakukan PT. Berau Coal selaku pemegang PKP2B tidak seharusnya melanggar regulasi yang sudah di sepakati. Dan jika ini terus berlanjut maka ini akan menjadi bencana besar di kemudian hari untuk masyarakat Kabupaten Berau”, tambahnya

Dalam audiensi yang berlangsung bersama jajaran Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Timur, AMUBA menyampaikan agar semua tuntutan ditandatangain sebagai bentuk kesepahaman. Namun, pihak ESDM enggan untuk menandatangani dengan dalih pimpinan instansi sedang tidak berada di tempat.

“Dinas ESDM Kalimantan Timur Merasa bahwa hal tersebut bukan wewenang Provinsi melaikan sudah dalam wewenang Kementrian ESDM, namun kita berharap aspirasi masyarakat Kabupaten Berau ini bisa disampaikan ke Kementrian karna kondisi di lapangan kita yang mengetahui”, imbuhnya.

Dalam wawancaranya Yunus menyampaikan bahwa dalam penyampaian Kasubbag Perencanaan Program, Wahyu Setiawan kepada pihaknya bahwa akan ada Inspektur Tambang ESDM yang akan turun ke lapangan pada tanggal 25-28 dilahan konsesi PKP2B dengan prihal kasus penambangan dekat Sungai.

“Ya, kita dapat beberapa point tadi salah satunya surat dari kementrian sudah ada terkait turunnya inspektur tambang ESDM ke lapangan pada tanggal 25-28, jika aksi ini tidak di indahkan maka kami akan turun kembali ke jalan dengan massa yang lebih banyak”, tutupnya.

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *