banner Iklan

Dishub Kutim Laksanakan Ramp Check Pastikan Kendaraan Layak Jalan dan Driver Tak Mabuk-mabukan

sym
Dishub Kutim lakukan Ramp Check (dok: gayamnews)

Kutim — Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) tengah melakukan inspeksi keselamatan atau Ramp Check untuk kendaraan umum, Rabu (3/4).

Abdul Muis selaku Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dishub Kutim menyebut hal ini berdasarkan edaran Direktur Jenderal Perhubungan nomor AJ.201/1/8/DJPD/2024 tanggal 6 Februari 2024 menyangkut pelaksanaan inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan (ramp check) menjelang libur Idul Fitri tahun 2024.

Ramp Check dilakukan untuk memastikan keselamatan selama liburan Idul Fitri. Selain memeriksa layaknya kendaraan, Abdul Muis juga mengatakan Dishub Kutim telah melakukan imbauan kepada para sopir agar tidak ugal-ugalan.

“Nah kenapa kita lakukan Ramp Chek, karena kita harus memastikan bagaimana kendaraan itu, apakah layak jalan atau tidak. Nah, inilah sebenarnya kewajiban kami dari Dishub dengan dan rekan-rekan untuk memastikan terkait persoalan keselamatan,” terangnya.

“Nah, bukan dari segi kendaraan layak jalan saja, tapi kita juga memberikan edukasi terhadap sopir-sopir. Karena kecelakaan musibah itu terjadi bukan dari segi kendaraan laik jalan saja kan. Kalau driver-nya lagi kurang fit atau sakit atau ugal-ugalan ini juga salah satu penyebab bisa terjadinya kecelakaan,” sambungnya.

Senada dengan itu, Kepala Bidang pengembangan dan keselamatan Dishub Kutim, Murni Irawati, menuturkan dalam pelaksanaan Ramp Check kali ini, pihaknya memeriksa 3 unit kendaraan.

Disampaikannya, Kegiatan ini adalah agenda rutin tiap tahun dalam menyambut hari-hari besar. Dishub Kutim juga bekerja sama denga Satlantas dan UPT sebagai upaya menjamin kelancaran dan keselamatan selama periode libur ini.

“Tadi ada 3 unit yang dilakukan ramp check. Memang ini adalah agenda tiap tahun menyambut hari-hari besar. Jadi kita selalu berkolaborasi untuk melaksanakan ini. Kami juga memanggil pihak Polres dari Satlantas. Kami juga melibatkan pihak UPT,” katanya.

Ia juga menyebut sesuai dengan arahan Kepala Dinas Perhubungan Kutim, kendaraan yang diperiksa bukan hanya bus, tetapi juga travel. Alasannya, kata Murni, karena yang naik travel juga terbilang kendaraan umum.

“Jadi intinya Ramp check ini tadi melihat untuk kelayakan pemenuhan mekanisme keselamatan lalu lintas angkutan jalan, baik itu kendaraannya dan supirnya juga kita lihat untuk kesehatannya,” katanya.

“Pak Kadis juga mengingatkan kami tadi bahwa lakukan juga di travel. Karena kan yang ikut ini kan masyarakat Kutim tidak. Jadi tidak hanya bus saja, tapi juga di travel. Karena travel juga angkutan umum kan,” tutupnya. (ADV)

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *