banner Iklan

Kutim Siap Laksanakan Transformasi Digital, Plt Kadis Kominfo Staper: Kami Akan Optimalkan 

Sar
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi, Informatikan Statistik dan Persandian Kutai Timur (Diskominfo Staper Kutai Timur) Sulisman.

Kutim — Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi, Informatikan Statistik dan Persandian Kutai Timur (Diskominfo Staper Kutai Timur) Sulisman mengatakan, Diskominfo se Kalimantan Timur saat ini tengah mensukseskan upaya transformasi digital. 

“Langkah ini diambil untuk memberikan layanan yang maksimal kepada masyarakat dalam semua aspek sebagai bagian dari pembangunan untuk akselerasi birokrasi,” ujarnya, Kamis (25/4).

Sulisman menyebut kedepannya akan dilakukan audit Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK ) yang meliputi infrastruktur, aplikasi dan audit keamanan.

“Nah kemarin waktu saya mengikuti kegiatan di Balikpapan dengan Diskominfo Kaltim, yang juga di hadiri oleh perwakilan dari 10 Kabupaten/kota, narasumber memaparkan, bahwa akan ada audit TIK,” paparnya.

“Dan itu berhubungan erat dengan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE),” Sambung Sulisman.

Plt Kepala Diskominfo Staper itu melanjutkan, terkait audit keamanan pihaknya akan mengoptimalkan jaringan firewall. 

“Dalam waktu dekat seluruh daerah juga diminta untuk menggunakan sistem keamanan yang disiapkan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN),” sebutnya.

Saat disinggung kesiapan Kutim terkait penerapan sistem keamanaan tersebut, Sulisman menegaskan telah siap. 

“Sesuai amanah undang-undang, Pemkab Kutim siap untuk mengimplementasikan program pemerintah nasional tersebut,” tegasnya

“Siap tidak siap, seluruh daerah di Indonesia harus menerapkan sistem tersebut. Makanya kemarin kita diberikan sosialisasi, agar kedepan saat program tersebut berjalan kita tinggal aplikasikan di lapangan,” terang Sulisman.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan jaringan keamanaan firewall di seluruh aplikasi yang dimiliki oleh setiap Perangkat Daerah (PD).

“Jadi seluruh aplikasi sudah tersambung dengan bandwit milik kita (Diskominfo Staper),” pungkasnya.

Firewall sendiri dalam pengertian sederhananya adalah perangkat keamanan jaringan yang memantau dan menyaring lalu lintas jaringan yang masuk dan keluar berdasarkan aturan keamanan (security rules) yang telah ditetapkan sebelumnya. 

Pada dasarnya, firewall merupakan perangkat lunak yang diinstal di dalam komputer dan digunakan untuk meningkatkan proteksi keamanan perangkat yang terhubung ke jaringan internet.(Adv)

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *