banner Iklan

Pemkab Sediakan Banyak Beasiswa, Ardiansyah Sulaiman: Tidak Ada Ruang untuk Generasi Kutim Putus Pendidikan

Sar
Bupati Ardiansyah hadir dan membuka acara perpisahan kelas XII SMA Negeri 1 Sangatta utara, Rabu (24/4/2024) di Gedung Serba Guna (GSG) Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi (dok: pemkabkutim)

Kutim — Bupati Ardiansyah hadir dan membuka acara perpisahan kelas XII SMA Negeri 1 Sangatta utara, Rabu (24/4/2024) di Gedung Serba Guna (GSG) Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi. 

Ardiansyah Sulaiman menyeru agar siswa-siswi Kutim yang telah selesai di jenjang sekolah menengah atas bisa segera melanjutkan pendidikan.

Kepala Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kutim itu mengatakan pihaknya memiliki program beasiswa Kutim Tuntas layaknya program Kaltim Tuntas.

“Anak-anak yang tidak mendapatkan beasiswa Kaltim Tuntas bisa mendapatkan beasiswa Kutim Tuntas, meskipun nilai nominalnya tidak sama,” ujar 

Dirinya menambahkan, bahwa Baznas juga mengeluarkan beasiswa anak-anak Kutim yang ingin sekolah ke Mesir. 

Selain itu juga telah bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI Depok. 

Terdapat pula beasiwa APKASI juga diperuntukkan bagi guru-guru PAUD yang belum mendapatkan sarjana PAUD.

Ada juga pihak-pihak swasta seperti PT KPC dan beberapa perusahaan perkebunan juga telah menyiapkan beasiswa. 

“Ayo silahkan bagi siswa-siswi yang kuliah terkait ilmu ekonomi syariah. Bahkan kami juga telah menandatangani kerjasama beasiswa dengan APKASI. Mudah-mudahan ada yang berminat dan akan diberikan kuota khusus,” ujarnya. 

“Artinya, tidak ada anak-anak Kutim yang tidak memiliki peluang menjadi sarjana karena kesempatan sudah ada,” sambung Ardiansyah. 

Bupati Kutim itu begitu menaruh harapan besar pada generasi penerus kutim, pada momen itu Ardiansyah berterimakasih kepada SMAN 1 Sangatta Utara, yang telah mendidik anak-anak Kutim. Ia meyakini merekalah (anak-anak) yang nanti menjadi pemimpin masa depan Kutai Timur. 

Sementara itu Kepala Sekolah SMAN 1 Sangatta Utara Tatik Widayani mengatakan, sekolahnya telah meluluskan 25 angkatan dan telah banyak alumni SMAN 1 Sangatta Utara yang berkiprah memajukan Kutim

Untuk tahun ini  lanjut Tatik, sekolahnya meluluskan 315 siswa terdiri dari 176 siswa IPA dan 139 siswa IPS. 

Dirinya berharap ilmu yang telah didapatkan selama mengenyam pendidikan di SMAN 1 Sangatta Utara bisa menjadi bekal kehidupan dimasa mendatang.

Lebih lanjut, Titik menyampaikan, sebanyak 41 siswanya yang sudah dinyatakan lulus masuk perguruan tinggi melalui jalur prestasi di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. 

“Untuk perguruan tinggi di Kaltim yang telah menerima siswa SMAN 1 Sangatta Utara, yaitu ITK Balikpapan, Unmul Samarinda, Politeknik Samarinda. Kemudian ada yang diterima di UGM Yogyakarta, Unhas Makassar, Untad Sulteng, Unlam Banjarmasin, dan Akamigas di Jawa,” ungkapnya dengan bangga. 

Terakhir, ia menitipkan pesan bagi murid-muridnya agat terus melangkah dan bangkit menjadi insan yang bermanfaat.

“Teruslah belajar tiada henti dan menjadi pribadi yang lebih baik untuk membahagiakan kedua orangtua,” pungkasnya.(adv)

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *