banner Iklan

Biografi Singkatnya John F Kennedy

Agu
John F Kennedy (dok: Nation Today)

Gayamnews — John F Kennedy adalah salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah Amerika Serikat. Dia adalah presiden ke-35 di Negeri Paman Sam itu.

John F Kennedy lahir pada 29 Mei 1917 di Brookline, Massachusetts. Dia berasal dari keluarga kaya dan terkenal di Amerika Serikat. Ayahnya, Joseph P. Kennedy Sr., adalah seorang pengusaha sukses dan mantan duta besar Amerika Serikat untuk Britania Raya.

Pendidikan Kennedy dimulai di Choate Rosemary Hall, sebuah sekolah persiapan ternama di Connecticut. Setelah lulus dari Choate pada tahun 1935, Kennedy melanjutkan studinya di Universitas Harvard. Di sana, dia belajar politik internasional dan menjadi anggota elit klub mahasiswa Porcellian Club.

Pada tahun 1940, Kennedy lulus dari Harvard dengan gelar Bachelor of Arts. Setelah lulus, dia mendaftar sebagai anggota Angkatan Laut Amerika Serikat dan bertugas selama Perang Dunia II. Selama perang, Kennedy menjadi komandan kapal patroli torpedo PT-109. Dia mendapatkan Purple Heart dan Navy and Marine Corps Medal atas pengabdiannya dalam perang.

Setelah perang, Kennedy memulai karier politiknya dan terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat pada tahun 1946. Pada tahun 1952, dia terpilih sebagai senator Amerika Serikat dari Massachusetts. Kennedy juga mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden pada tahun 1956, tetapi tidak berhasil.

Pada tahun 1960, Kennedy mencalonkan diri sebagai calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat. Dia berhasil mengalahkan Richard Nixon dalam pemilihan presiden yang ketat. Pada usia 43 tahun, Kennedy menjadi presiden termuda dalam sejarah Amerika Serikat.

Sebagai presiden, Kennedy menghadapi banyak tantangan dan peristiwa penting. Salah satu momen paling bersejarah adalah Krisis Rudal Kuba pada tahun 1962, ketika Amerika Serikat dan Uni Soviet berada dalam konfrontasi yang sangat tegang. Kennedy juga terkenal karena visi progresifnya, terutama dalam hal hak-hak sipil dan program antariksa.

Pada tanggal 22 November 1963, Kennedy terbunuh dalam serangan penembakan di Dallas, Texas. Pembunuhnya, Lee Harvey Oswald, ditangkap tetapi juga tewas beberapa hari kemudian. Kematian Kennedy mengguncang Amerika Serikat dan dunia.

Warisan Kennedy tetap berpengaruh hingga hari ini. Dia dihormati sebagai salah satu presiden terbaik dalam sejarah Amerika Serikat dan sebagai ikon budaya yang menginspirasi banyak orang. Kennedy juga dikenal karena pidato terkenalnya yang berjudul “Ask Not What Your Country Can Do For You” yang mengajak warga Amerika untuk berkontribusi dalam pembangunan negara.

John F Kennedy adalah sosok yang menginspirasi banyak orang dengan kepemimpinannya yang karismatik dan pemikiran progresifnya. Meskipun kariernya singkat, dia meninggalkan warisan yang tak terlupakan dalam sejarah Amerika Serikat. (*)

Avatar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *